Sunday, March 26Blog Berita Masa Kini

Rumah Makan Alami Kebakaran Hebat, Bendera Merah Putih Ini Masih Berkibar Tak Terjamah

Salah satu bencana yang disebabkan oleh kelalaian manusia adalah kebakaran. Dampak dari kebakaran antara lain kerugian harta benda, stagnasi atau terhentinya usaha, terhambatnya perekonomian bahkan korban jiwa. Bahaya kebakaran ini dapat terjadi dimana saja dan kapan saja.

Rumah Makan Terbakar

Seperti yang terjadi baru-baru ini. Kebakaran terjadi di rumah makan Tahu Sumedang yang ada di ruas jalan nasional Bandung-Tasikmalaya, tepatnya di Desa Cigagade, Kecamatan Limbangan, Garut, Jawa Barat, Minggu (7/8/2022). Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 23.00 WIB itu mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Habis Dilalap Api

Kejadian ini diabadikan oleh salah satu pengendara yang berhenti karena kemacetan yang terjadi pada ruas jalan tersebut. Kemudian video ini diunggah oleh pemilik video pada akun TikTok milik pribadinya @natpraja28.

Foto: TikTok @natpraja28

Pada video tersebut terlihat Rumah Makan itu habis dilalap oleh si jago merah. Ditambah angin kencang di sekitar lokasi yang membuat api menyebar ke seluruh penjuru sudut, hingga tempat tersebut rata dengan tanah. Selain itu struktur bangunan rumah makan tersebut yang terbuat dari kayu sehingga cepat merambat dan menghanguskan seluruh ruangan.

Disebabkan Kelalaian Pegawai

Menurut beberapa sumber, kebakaran terjadi karena salah satu tungku penggorengan tahu yang lupa dimatikan. Sehingga api merembet ke dinding bangunan yang terbuat dari bilik kayu. Api dapat dipadamkan pada pukul 02.00 WIB. Pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, karena seluruh pegawai sudah pulang kerumah masing-masing.

Salfok dengan Bendera yang Berkibar

Pada video tersebut perekam salfok dengan bendera yang berkibar ditengah-tengah api yang membakar habis rumah makan tersebut. Terlihat bendera merah putih yang terpasang untuk memperingati HUT RI masih gagah terpasang. Bendera tersebut tidak terjamah oleh si jago merah, meskipun di sekelilingnya terdapat api yang membara.

Tak hanya pemilik video tersebut yang salfok, warganet yang menyaksikan video ini pun salfok dengan bendera merah putih trsebut. Hal ini mereka sampaikan pada kolom komentar, beritkut beberapa komentar dari warganet.

Foto: TikTok @natpraja28

“inalilahi wainailaihi roji’un 🥺MasyaAllah untuk bendera merah putih yang tetap berkibar 🥺❤️🤍,” tulis akun @Friska.

“merah putih ku ttp berkibar diantara panasnya api merdeka,” tulis akun @🇦🇪cikalbungsu🇮🇩.

Kaitkan dengan Bandung Lautan Api

Video yang diunggah pada tanggal 8 Agustus 2022 ini sudah ditonton lebih dari 792.8K warganet. Banyak dari mereka yang teringat dengan peristiwa bandung lautan api. Meskipun diusia warganet tidak ada yang pernah mengalami peristiwa bersejarah itu. Namun mereka bisa merasakan vibes serupa ketika melihat video tersebut. Akan tetapi jika dibandingkan peristiwa bandung lautan api, tentulah tidak ada apa-apanya.

“serasa seperti peristiwa bndung lautan api mlihat api menyala nyala…,” tulis akun @zaenal_abidin83.

“ko jadi inget sejarah bandung lautan api,. semoga tak ada korban jiwa dan selalu dalam lindungan Allah swmuanya,” tulis akun @✨FATIH WALIDAIN💫💫💫💫🌟.