Saturday, December 2Blog Berita Masa Kini

Keterbatasan Alat Medis, Pemain Sepakbola Cedera Ini Ditandu Pakai Blong Ikan

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang melibatkan kontak fisik yang relative tinggi. Sehingga sangat beresiko menimbulkan cedera bagi pemain. Oleh karena itu cedera bukanlah menjadi hal yang asing bagi para pemain.

Terlebih karena para pemain bola sering kali mengalami cedera yang diakibatkan karena beberapa hal, termasuk saat bersentuhan dengan pemain lawan. Begitu pula dengan tingkat keparahan tiap jenis cedera tidak sama, sehingga para pemain bola harus segera ditangani oleh tim medis.

Tim medis medis biasanya dipersiapkan oleh pihak pertandingan, namun tidak semua pertandingan sepak bola memiliki tim medis. Karena pertandingan sepak bola ruang lingkupnya sangat luas, dari pertandingan tingkatan paling rendah yaitu antar RT hingga pertandingan nasional bahkan internasional.

Hal ini yang menyababkan setidaknya ada peralatan P3K untuk pertolongan serta perawatan sementara. Selain itu dalam sebuah pertandingan alat tandu ini juga sangat penting untuk membopong para pemain yang terluka. Namun apa jadinya jika tidak ada alat tandu saat pertandingan sepak bola? Seperti video yang diunggah oleh akun TikTok @jankkabla pada jum’at (5/8).

Tandu Blong Ikan

Pada video tersebut terlihat sedang ada pertandingan sepak bola di sebuah desa. Lapangan yang digunakan tidak memenuhi standar nasional yang ditetapkan PSSI. Bahkan terlihat anak-anak kecil dapat berlarian memasuki lapangan sepak bola tersebut, padahal ada pertandingan yang tengah berlangsung.

Foto: TikTok @jankkabla

Hal kocak terjadi pada saat salah satu pemain mengalami cedera di tengah lapangan dan tidak bisa berjalan ke pinggir lapangan. Karena perlengkapan keselamatan yang minin, dan tidak ada tandu alhasil sang pemain yang tengah mengalami cedera harus dibawa menggunakan tandu blong ikan. Di tengahnya diberi lubang untuk pemain tersebut meletakkan tubuhnya. Tak lupa pada bagian ujung blong ikan tersebut diberi tali untuk memudahkan pemindahan pemain dengan cara di tarik.

Dibantu Para Bocah Cilik

Saat pemindahan pemain yang cedera tersebut terlihat anak-anak kecil yang berlarian bebas masuk ke dalam lapangan. Mereka embantu mendorong blong ikan yang tengah mengangkut pemain. Lucunya bocah-bocah itu terlihat tertawa bahagia saat membantu mendorong blong ikan bak sedang bermain. Sesampainya di pinggir lapangan, bukan hanya bocah-bocah cilik itu yang tertawa, namun penonton pun ikut tertawa melihat kajadian tersebut. Pemain yang cedera pun merasa terhibur dengan gelak tawa mereka.

Beberapa warganet salfok dengan tim medis yang merupakan bocah cilik yang membantu proses evakuasi pemain. Karena memang yang terlihat bergerombol bocah-bocah cilik dan satu orang dewasa yang menarik blong ikan. Hal ini di tuangkan pada kolom komentar video tersebut.

Foto: TikTok @jankkabla

“time medis nya bocil semua 😂,” tulis akun @Cctv 👀.

“anjayyy time medis nya bocil2,” tulis akun @Lanak Lb.

Warganet Sebut FIFA Harus Tau

Video viral yang telah ditonton lebih dari 267.9K warganet ini juga menuai beberapa komentar nyeleh. Warganet menyebut jika FIFA (Federation Internationale de Football Association) atau yang merupakan induk organisasi sepak bola dunia wajib tahu tentang kejadian ini, bahkan mereka menyebut jika suatu saat nanti FIFA akan menggunakan alat ini.

“FIFA harus tahu😂😂😂,” tulis akun @Om Burhan.

“suatu saat FIFA pasti menggunakan alat ini..😂😂😂,” tulis akun @adityasedana38.