Saturday, March 25Blog Berita Masa Kini

Fenomena Hujan Lokal Bikin Melongo, Depan Rumah Deras Belakang Kering

Hujan merupakan bagian dari proses siklus air yang berkelanjutan. Fenomena alam ini dapat terjadi secara luas maupun lokal. Hujan adalah presipitasi berupa cairan yang berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju atau batu es.

Hujan lokal biasanya terjadi karena dua faktor yaitu naiknya udara lembab secara paksa dari aliran udara yang menuju dataran tinggi atau pegunungan, dan adanya pemanasan lokal yang tak seimbang. Sering kali hujan lokal ini terjadi pada wilayah yang mengalami musim kemarau. Akan tetapi biasanya hujan lokal meliputi wilayah yang cukup luas.

Hujan Lokal Bikin Melongo

Berkaitan dengan hujan lokal, anehnya baru-baru ini beredar video viral soal hujan yang hanya mengguyur depan rumah saja, namun halaman belakang kering. Video tersebut diunggah oleh salah satu akun TikTok @fzz_fdlrrhmn. “Loh hujan deras, kene terang kono udan,” ujar perekam.

Foto: TikTok @fzz_fdlrrhmn

Hujan lokal yang terekam pada video tersebut membuat perekam dan siapa saja yang menyaksikannya melongo. Bagaimana tidak, biasanya hujan terjadi dalam cakupan wilayah yang luas. Meskipun hujan lokal melanda daerah tersebut, namun cakupan wilayah hujan tak sesempit yang ada di video.

Perbedaan Warna Langit

Pada video terlihat jelas bagaimana hujan di depan rumah dengan di halaman belakang yang kering. Sesaat perekam memperlihatkan langit yang diselimuti awan berwarna putih. Namun pada lokasi yang hujan awan putih lebih terlihat tebal. Sedangkan pada lokasi yang terang, awan putih lebih cerah cenderung berwarna biru langit. Dengan demikian tak ayal jika hujan lokal dengan lokasi sempit pun terjadi.

BMKG : Biasa Terjadi di Indonesia

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) sendiri menjelaskan fenomena hujan lokal ini sangat biasa terjadi di wilayah Indonesia. Hujan lokal dapat diartikan hujan dalam skala sangat kecil atau terbatas.

Foto: TikTok @fzz_fdlrrhmn

Biasanya, hujan lokal disebabkan oleh satu atau beberapa sel awan hujan. Ditambah dengan kondisi Indonesia yang memiliki kelembaban yang tinggi dengan kandungan massa udara basah sehingga mudah terjadi hujan.

Faktor Topografis dan Musim

Faktor lain yang mempengaruhi terjadinya hujan lokal biasanya karena faktor topografis yaitu ketinggian suatu permukaan bumi. Seperti yang kita ketahui ketinggian permukaan bumi satu dengan lainnya tak sama. Selain itu biasanya hujan lokal ini terjadi pada periode transisi atau pancaroba dan musim kemarau.

Warganet Terkejut

Video tersebut telah disaksikan oleh lebih dari 901.1K warganet, dan mendapatkan like 45.8K. Bahkan beberapa warganet memberikan komentar pada kolom yang tersedia. Warganet pun terkejut dengan apa yang terjadi pada video tersebut.

“lahh😳,” tulis akun @ndstk.

“kok iso o,” tulis akun @Liffskyy.

@fzz_fdlrrhmn

Membalas @siapa_saja_namanya

♬ suara asli – Fzz – Fzz